Kamis, 02 Februari 2012

SAXOPHONE

Kalo temen-temen pernah denger musisi yang namanya KENNY G atau DAVE KOZ, apa yang terbayang dlm pikiran temen-temen? Yes, bener banget, mereka adalah musisi yang memainkan alat musik Saxophone. Nah, alat musik inilah yang sekarang sedang saya pelajari. Di sini kita akan bahas lebih lanjut tentang Saxophone.
Saxophone (sering disebut dengan nama Sax) adalah alat musik tiup kayu walaupun bahan dasar pembuatan alat musik itu sendiri adalah logam. Disebut alat musik tiup kayu karena sumber bunyi alat musik yang sexy ini adalah dari sebuah bambu tipis dan panjang yang ditempatkan pada bagian bawah mouthpiece (bagian untuk meniup sax) yang disebut reed. Reed ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu single reed yang digunakan pada alat musik ini dan jenis double reed yang pada umumnya digunakan untuk alat musik basoon atau oboe. Penemu saxophone sendiri adalah Adolphe Sax (1814-1894), seorang instrumen designer. Sejak usia dini, ia sudah mulai belajar mendesain alat musik sendiri melalui ayahnya, Charles Yusuf Sax. Ini adalah keempat saxophone pertama yang dibuat oleh Adolphe Sax (lihat gambar). Keempat jenis saxophone ini memiliki ambitus (jangkauan) nada yang berbeda layaknya suara manusia. Ada soprano saxophone (bawah), alto saxophone (kiri), tenor saxophone (tengah), dan baritone saxophone (kanan). Semakin besar ukuran saxophonenya, semakin besar pula reed yang digunakan. Beberapa saxophonist (sebuatan untuk pemain saxophone) terkenal di Indonesia adalah Embong Rahardjo (alm) dan Didik S.S.S. 
Itu tadi pengertian dan sejarah singkat tentang sax. Sekarang saya akan berbagi pengalaman saya mengenai kegemaran saya bermain saxophone. Saya belajar alat musik ini belum lama, baru sekitar satu tahun yang lalu. Pada mulanya, saya hanya iseng-iseng mencoba saxophone kepunyaan teman ayah saya, tetapi dengan coba-coba itu, saya semakin tertarik untuk mendalaminya lebih jauh. Saya belajar saxophone dengan guru les hanya sekitar 5 bulan. Setelah itu saya mencoba untuk belajar sendiri. Saya mulai mempelajari dan memainkan lagu-lagu yang saya sukai dengan alat musik ini. Dan sekarang saya sudah mulai mencari jam terbang, alias sudah manggung sana-sini untuk menjadi semakin dikenal banyak orang. Tak jatang pula saya dipanggil untuk mengisi acara pernikahan maupun acara-acar yang lain bersama dengan teman-teman ayah saya. Oke, sekian dulu apa yang bisa saya tuliskan, apabila ada salah-salah kata saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada temen-temen. Maturnuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar